Menjelaskan tentang suatu Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedural dan Pemodelan dalam Matematika.

Cara 2: Membuat Blog yang Memuaskan Pembaca

Setelah kita membuat blog berdasarkan Cara Buat Blog Gratis yang telah dibahas sebelumnya, selanjutnya kita fokus dulu menulis artikel secukupnya sebelum mengurus yang lainnya. Pada umumnya, blog dibuat untuk tujuan menyampaian sesuatu ke publik baik berupa informasi maupun pengetahuan. Inilah tujuan utama dibuatnya sebuah blog. Dengan keberadaannya yang berisi artikel dengan tema tertentu, sangat memudahkan seseorang untuk mencari informasi atau pengetahuan melalui internet. Sehingga, artikel yang dibuat harus mampu memberikan informasi yang bermanfaat. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat blog yang memuaskan pembaca.

1. Kualitas Artikel Terjamin

Merupakan suatu keharusan bagi setiap penulis memperhatikan hal ini. Artikel yang berkualitas akan dapat membuat para pembaca puas dengan artikelnya. Sebuah artikel yang berkualitas menjamin isinya terhindar dari plagiat, sebisa mungkin menyertakan sumber kutipan baik yang diperoleh dari buku maupun dari sumber yang lain. Hindari membahas sesuatu yang kita tidak ahli dalam bidang itu sehingga isi artikel terhindar dari kadar subjektifitas penulis. Isi artikel harus benar dan terpercaya. Jika tidak, pembaca tidak akan membaca artikel kita di internet karena tidak dipercayai. Selain itu, artikel juga harus memudahkan pembaca dalam memahami isinya serta selengkap mungkin dalam membahasnya sesuai dengan judul artikel agar pembaca tidak perlu lagi mencari artikel dengan judul yang sama pada blog lainnya. Jika kita mampu menulis artikel sehingga pembaca tidak perlu lagi mencari artikel dengan judul yang sama, artinya pasti kita sudah memuaskan pembaca.

2. Memudahkan Pembaca Mengakses Blog

Walaupun artikel kita berkualitas, tidak akan memuaskan pembaca apabila blog kita sulit untuk diakses. Sehingga, pembaca yang baru saja mengklik link judul artikel, tetapi karena lambat maka ia memilih kembali atau batal untuk membacanya. Kesulitan itu misalnya diakibatkan karena blog terlalu berat untuk diakses sehingga lambat loading atau kebanyakan berisi gambar dan iklan. Blog yang seperti ini tidak akan disukai oleh pembaca. Blog yang dapat memuaskan pembaca adalah ringan, jelas tata letaknya sehingga pembaca dapat mengenali bagian-bagian yang ada pada blog tersebut agar memudahkan mengotak atik artikel yang ada pada blog tersebut, misalnya, membuat daftar isi artikel berdasarkan label tertentu. Jika perlu tampilan blog harus responsive untuk semua perangkat penjelajah internet (browser). Jadi jika blognya ringan namun tatap keren tampilannya, tata letaknya tertata dengan baik, dan dapat diakses semua perangkat maka kita sudah dapat memuaskan pembaca.

3. Memperbanyak Artikel yang Berkualitas

Setelah mampu menulis artikel yang berkualitas dan mendesain blog yang mudah diakses untuk semua perangkat, maka hal terakhir yang dilakukan adalah memperbanyak artikel yang berkualitas. Periksalah kembali setiap artikel, buang artikel yang tidak berhubungan dengan tema blog dan kurang berkualitas atau jika tidak, lakukan pengeditan setiap saat untuk meningkatkan kualitas tulisan, dan usahakan setiap artikel saling terhubung dengan sebuah link internal untuk artikel yang saling terkait. Misalnya, menyertakan artikel yang berkaitan dengan label yang sama sehingga di setiap kali pembaca membaca sebuah judul artikel, ia disuguhkan lagi judul artikel yang terkait yang mungkin menarik pembaca untuk membacanya.

Ke tiga hal di atas, tidak akan tercapai apabila penulis blog tidak memiliki kemampuan menulis yang baik sesuai dengan kaidah penulisan yang baku. Sehingga disarankan bagi penulis blog untuk melatih kemampuan menyajikan tulisan dalam suatu karangan. Seorang penulis harus mampu membuat kalimat yang baik dan benar, serta mampu menyusun paragraf yang utuh dan saling berkaitan antara satu paragraf dengan paragraf yang lain dalam satu karangan agar informasi atau pengetahuan yang ingin disampaikan dapat tercapai. Selain itu, hal yang harus dimiliki penulis adalah kemampuan dalam mengelolah blog. Misalnya, mengetahui pengeditan blog menggunakan bahasa HTML, php, dan sebagainya. Untuk itu, seorang penulis harus lebih banyak membaca dan berlatih daripada pembaca.

Akhiru kalam, semoga pembahasan tentang Cara Membuat Blog yang Memuaskan Pembaca dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun, Trimakasih!

Proteksi Artikel

Advertisement

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design